July 2, 2020

Bukit Rhema

Bukit Rhema merupakan bukit yang terletak di Perbukitan Menoreh, Kembanglimus, Magelang, Jawa Tengah. Bukit ini juga dikenal sebagai Gereja Ayam, meskipun sebenarnya berbentuk merpati. Meskipun disebut sebagai gereja, namun sebenarnya tempat ini bukanlah tempat ibadah khusus bagi pemilik kepercayaan tertentu melainkan rumah doa bagi segala bangsa.

Bukit Rhema yang pembangunannya baru mencapai 70 persen ini dibangun dengan tujuh lantai yang akan dilengkapi dengan story telling yang berupa arti doa, perjalanan hidup, kearifan lokal, mukjizat, serta multikultural Indonesia yang dikemas dalam rangkaian cerita yang menarik.  Meskipun belum selesai dibangun, namun bukit ini sudah banyak dikunjungi wisatawan.

Fasilitas

Bukit ini dikenal sebagai tempat terbaik untuk melihat matahari terbit dan terbenam. Bukit ini dikelilingi oleh Gunung Merbabu, Sumbing, Suroloyo, Merapi dan Sindoro. Karena itulah pengunjung dapat melihat gunung-gunung tersebut dari bukit ini. Selain dapat melihat gunung, pengunjung juga dapat melihat Candi Boroudur karena letaknya yang tidak jauh dari tempat ini.

Bukit Rhema merupakan salah satu lokasi terbaik untuk melihat sunrise di Magelang selain Puthuk Setumbu. Untuk dapat melihat sunrise, pengunjung harus naik ke bagian mahkota yang terdapat di puncak bangunan. Selain itu, pengunjung juga dapat berswafoto dengan lukisan-lukisan yang memiliki tema yang berbeda di setiap lantai bangunan ini.

Bagi pengunjung yang ingin berwisata kuliner, telah dibangun kedai yang terletak di bagian belakang bangunan bukit ini. Bagi pengunjung yang telah membeli tiket masuk ke bukit ini, sudah termasuk cemilan yang berupa singkong yang telah diolah oleh warga sekitar. Hidangan yang diberi nama Latela Gombong Cassava ini disajikan dengan sambal tradisional.

Bukit ini menyediakan fasilitas berupa ruang doa pribadi bagi siapa saja yang ingin berdoa. Ruang-ruang doa yang disediakan cukup tenang karena berada di lantai bawah tanah dari gedung merpati. Ini bukan hal yang aneh karena bangunan tersebut memang dibangun sebagai rumah doa bagi siapa saja yang ingin berdoa, tidak terbatas pada agama maupun bangsa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *