January 22, 2021

Inilah 10 Bisnis Sambil Kuliah Modal Kecil

Kuliah merupakan masa dimana penuh dengan tantangan dan tanggung jawab. Bagaimana tidak, ada yang memutuskan untuk melanjutkan pendidikan diluar kota dan jauh dari orang tua. Sehingga harus bisa mandiri, terutama dalam mengatur keuangan. Bukan rahasia lagi kalau masa kuliah membutuhkan banyak biaya, mulai SPP, kos, makanan, praktikum dan sebagainya.

Banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi maka harus mengeluarkan banyak uang. Terkadang malu jika terus menerus hanya mengandalkan kiriman uang dari orang tua. Namun permasalahan ini ada solusinya karena ada bisnis sambil kuliah yang bisa menghasilkan uang.

Berbicara soal bisnis tentunya membutuhkan banyak uang. Namun tidak perlu khawatir karena ada banyak bisnis sambil kuliah yang hanya membutuhkan modal kecil. Bahkan ada juga yang tidak membutuhkan modal sama sekali. Apa sajakah bisnis tersebut? simak uraian di bawah ini.

10 Bisnis Sambil Kuliah Modal Kecil Keuntungan Banyak

  1. Penulis Lepas atau Freelance Writer

Freelance writer sangat cocok dijalankan bagi yang memiliki hobi menulis, Tentunya sebagai mahasiswa juga tidak bisa dilepaskan dari kegiatan menulis. Saat ini freelance writer banyak diminati orang karena hanya membutuhkan modal berupa laptop/komputer serta jaringan internet. Pendapatan yang didapatkan cukup tinggi. Menariknya lagi bisa dikerjakan dimana saja.

  1. Membuka Jasa Les Private

Bagi Anda yang saat ini sedang kuliah dan memiliki banyak waktu luang, tidak ada salahnya untuk membuka jasa les private. Les private bisa dilakukan secara individu atau bergabung dengan lembaga les yang ada di kota tempat berkuliah. Biasanya lembaga bimbingan belajar membutuhkan mahasiswa untuk menjadi tentor. Pendapatan yang diperoleh ketika menjadi tentor les private cukup banyak.

  1. Bisnis Online Shop

Bisnis sambil kuliah yang sangat mudah dilakukan adalah online shop. Anda bisa menjual baju, tas, sepatu, dan sebagainya. Memulai bisnis ini tidak membutuhkan banyak modal, cukup dengan Smartphone dan jaringan internet. Namun keuntungan yang akan diperoleh cukup besar.

  1. Desain Grafis

Peluang dari bisnis online desain grafis bisa dibilang cukup besar karena banyak perusahaan yang membutuhkan.  Bagi Anda yang memiliki kemampuan di bidang ini tidak ada salahnya untuk memanfaatkan peluang tersebut. Untuk satu kali desain yang diselesaikan akan dihargai sebesar 100 ribu hingga jutaan rupiah.

  1. Menjadi Penerjemah

Bagi yang sedang kuliah di jurusan sastra Inggris atau bahasa asing lainnya, bisa memanfaatkan ilmu yang dimiliki untuk menjadi penerjemah. Biasanya ada banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa penerjemah untuk menerjemahkan artikel ke bahasa inggris atau sebaliknya. Ini merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

  1. Reseller

Bisnis sambil kuliah selanjutnya adalah dengan menjadi seorang reseller dengan menjual produk orang lain. Bisnis ini banyak dilakukan karena tidak membutuhkan modal tetapi sangat menguntungkan. Anda bisa mengambil keuntungan dari satu produk yang dijual mulai hingga 40 ribu rupiah.

  1. Merangkai Bunga

Apabila Anda memiliki hobi merangkai bunga, bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk mendapatkan penghasilan. Saat ini Kebutuhan akan rangkaian bunga cukup banyak, seperti buket bunga pada acara pernikahan, hadiah wisuda, seminar proposal dan orang tersayang. Strategi pemasarannya dilakukan melalui media sosial lengkap dengan foto hasil rangkaian Anda.

  1. Fotografer

Apabila memiliki hobi mengambil gambar melalui kamera ternyata juga bisa menghasilkan uang. Terlebih hasilnya sangat bagus dan memiliki nilai seni tinggi. Anda bisa menjual karya tersebut ke website-website yang menjadi tempat beli foto. Pastikan juga jika foto yang dihasilkan unik dan menarik.

  1. Menjual Makanan Ringan

Anda bisa menunjukkan kemampuan menjadi seorang wirausaha dengan menjual makanan ringan. Bisa dipastikan makanan ringan akan memiliki banyak peminatnya. Selain murah tentunya rasanya juga enak. Anda bisa menitipkan makanan ringan tersebut di warung-warung sekitar kampus atau di koperasi mahasiswa.

  1. Berjualan Pulsa dan Paket Data

Bisa dipastikan jika saat ini hampir semua orang memiliki Smartphone, terutama mahasiswa. Fakta ini kemudian menjadi peluang usaha menjanjikan untuk menjual pulsa dan paket data. Saat menjalankan bisnis ini jangan lupa memilih agen pulsa murah terpercaya. Banyak agen pulsa murah terpercaya yang bisa dipilih dalam mendukung usaha Anda.

Tips Sukses Bisnis Sambil Kuliah

  1. Tahu Prioritas

Bisnis sambil kuliah, keduanya memang sangat menyenangkan terlebih bisa dilakukan bersama-sama. Namun Anda tidak memilih salah satu di antara keduanya. Maka dari itu harus bisa mengatur prioritas antara kuliah dan bisnis. Harus bisa cermat dalam mengatur waktu untuk keduanya,

  1. Memilih Bisnis Sesuai dengan Mahasiswa

Supaya sukses dalam  bisnis sambil kuliah tentunya harus memilih usaha yang mudah dijalankan oleh mahasiswa. Contohnya, bisnis online, kuliner, jual pulsa, guru privat dan sebagainya. Jangan sampai usaha yang dijalankan mengganggu kuliah.

Nah itulah 10 bisnis sambil kuliah kecil. Dari seluruh bisnis yang disebutkan hanya membutuhkan modal kecil tetapi keuntungan besar. Semoga uraian di atas bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi untuk mendapatkan tambahan penghasilan.