September 19, 2021

Artikel Teknologi

Sebagai jasa penulis artikel yang terpercaya dan telah memiliki kredibilitas di mata pelanggannya, kita bisa memilih topik apapun yang diinginkan. Salah satu contoh topik yang paling sering dipesan adalah artikel tentang teknologi. Berikut contoh artikel tentang teknologi terkini yang sedang hot.

Contoh Artikel Teknologi

Meski BJ Habibie telah berpulang, namun semangat penelitian dan kontribusinya pada dunia SAINS dan teknologi tidak pernah terlupakan. Kali ini, artikel teknologi akan membahas sebuah festival teknologi dan SAINS yang bernama Habibie Festival. Habibie Festival didedikasikan bagi insan di dunia teknologi dan SAINS. Baru-baru ini Habibie Festival telah digelar pada 17-19 Oktober 2019.

Tahun ini Habibie Festival bertemakan “The Future of Learning, Work, Play, and Living”. Tema ini menjelaskan harapan Habibie Festival tahun ini agar teknologi dipelajari sejak dini lalu mampu mencetak sumber daya manusia unggul yang akan membuat inovasi teknologi yang efisien sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Terdapat sejumlah rangkaian acara yang ada di Habibie Festival seperti pameran inovasi SAINS dan teknologi. Selain itu terdapat juga lokakarya, gelar wicara, diskusi panel, dll. Lalu apa saja keseruan di dalam festival teknologi ini?

Mencakup Berbagai Sektor SAINS dan Teknologi

Habibie Festival 2019 merupakan tahun ke-7 diadakannya festival dan Jakarta menjadi tuan rumah festival kali ini. Sebagai pengembangannya, Habibie Festival menampilkan banyak sektor dari bidang SAINS dan teknologi. Sector tersebut adalah Robotika, Artificial Intelligence (AI), Drone, Gaming, dan internet of things. Selain itu, adapula industri konvensional seperti traditional aerospace, telekomunikasi, otomotif, pendidikan, fintech, perbankan, pertanian, dll. Dihadirkannya sektor ini, agar para pengunjung dapat melihat inovasi-inovasi teknologi yang ternyata sangat berkontribusi dalam meningkatkan potensi sektor konvensional tersebut.

Selain itu, selama pameran berlangsung tak kurang 50% bagian dari pameran berasal dari anak muda yang menampilkan karya inovasinya di berbagai bidang terutama SAINS dan teknologi. Ajang Habibie Festival memang selalu ditunggu para maker yang jarang memiliki platform untuk menampilkan inovasinya agar dikenal masyarakat luas. Oleh karena itu, Habibie Festival memang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Selain itu, adapula Booth Makerland yang menjadi platform bagi pengunjung untuk membuat karyanya. Para pengunjung dapat membuat inovasi teknologi, SAINS, atau bidang lainnya lalu setelah karya tersebut dibuat, karya akan ditampilkan di booth ini. Oleh karena itu, sasaran Habibie Festival tidak hanya untuk ilmuwan yang telah memiliki banyak pengalaman. Namun, sasarannya juga mencakup masyarakat awam. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan masyarakat kepada teknologi dan terbiasa untuk berinovasi. Apalagi saat ini Indonesia digadang-gadang akan memasuki era 4.O

Banyak Inovasi Unik

Selain melihat berbagai pameran dari temuan anak bangsa di berbagai bidang, pengunjung juga menemukan beberapa temuan unik yang bisa dicoba. Salah satunya adalah simulator yang dapat membantu pengunjung berpidato. Simulator berbentuk seperti peralatan game Virtual Reality (VR) lengkap dengan kacamata VR dan pelantang. Simulator ini sangat berguna untuk Anda yang ingin belajar berbicara di depan publik dan sering demam panggung. Anda akan ditempatkan seolah-olah di depan khalayak untuk memberikan pidato lalu alat ini akan memberikan skor dari pidato yang Anda sampaikan.

Selain inovasi dari perusahaan yang telah berkembang, ada pula inovasi dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tidak kalah dengan inovasi canggih lainnya, Bintang Nusantara School memiliki inovasi berupa tempat penampungan sampah yang terbuka otomatis. Tempat sampah ini berguna untuk mengurangi tindakan membuang sampah sembarangan dikarenakan malas membuka penutup sampah. Adapula inovasi berupa bohlam yang dapat mati dan hidup otomatis dengan bantuan google assistant. Hal ini karena adanya chip yang terpasang di bagian bohlam. Oleh karena itu, inovasi ini dapat memudahkan Anda untuk mematikan dan menghidupkan lampu dengan ponsel pintar yang terpasang google assistant tentunya.

Berkolaborasi dengan Indonesia Economic Forum

Di penyelenggaraan Habibie Festival kali ini ada yang terlihat berbeda. Orbit Habibie Festival mulai bekerja sama dengan Indonesia Economic Forum (IEF) untuk memberikan pelatihan kepada anak muda. Kegiatan ini diadakan selama 3 hari secara sistem paralel. Tidak hanya pelatihan, namun kegiatan ini juga terdiri dari konferensi, lokakarya, dan yang paling ditunggu-tunggu adalah International Youth Forum. Dalam International Youth Forum ini, siswa bahkan mahasiswa dapat menyampaikan suaranya terkait pendidikan, SAINS, Teknologi, dan bidang lainnya. Oleh karena itu, suara berupa kritik dan saran ini didengar oleh semua kalangan. Untuk kemudian mencari solusi bersama.

International Youth Forum ini terdiri dari beserta dari dalam maupun dari luar negeri. Kegiatan ini akan menghadirkan peserta dari Singapura, India, dan tuan rumah Indonesia. Dalam acara ini, akan dihadirkan berbagai lomba dan ajang kreatif siswa dan mahasiswa. Pengunjung dapat melihat presentasi produk inovasi, debat siswa, dan panel diskusi dari para generasi penerus bangsa ini.

Itulah gambaran contoh artikel tentang teknologi yang bisa Anda pesan melalui jasa penulis artikel.