March 4, 2021

7 Tips Menentukan Aplikasi Kasir Terbaik Untuk Bisnis Anda

Bagaimana cara menentukan aplikasi kasir terbaik? Sebagai pemilik usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya, aplikasi yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Tetapi penting diketahui, tidak semua aplikasi ini akan tepat untuk bisnis Anda.

Aplikasi yang biasa disebut sebagai point of sale atau POS ini mempunyai fungsi utama yakni untuk membantu proses transaksi penjualan pada bisnis Anda. Namun lebih dari itu, aplikasi ini juga bisa dipakai di semua kegiatan bisnis, mulai dari marketing hingga manajemen stok sehingga dapat menunjang jalannya bisnis Anda.

Tips Menentukan Aplikasi Kasir Terbaik

pexels.com

Sekarang ini ada banyak sekali software kasir atau POS yang bisa digunakan. Baik yang berbayar maupun yang tidak berbayar alias gratis. Masing-masing aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Oleh sebab itu, untuk memilih mana yang terbaik untuk bisnis Anda, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Cari Yang Memiliki Fitur Lengkap

Tujuan Anda menggunakan POS pasti karena ingin mendapat kemudahan dalam mengelola keuangan usaha. Untuk itu, carilah aplikasi yang punya fitur lengkap dalam mengatur masalah keuangan dan laporannya. Jadi sebaiknya pilih aplikasi yang memiliki fitur penting seperti Fitur Database Stok Produk, Fitur Beragam laporan mulai dari pemasukan, pengeluaran hingga laba rugi.

  1. Punya Fitur Membership

Fitur ini diperlukan untuk Anda bisa memberikan pelayanan khusus bagi para pelanggan yang telah setia menggunakan produk Anda. Dengan adanya fitur ini Anda bisa membuat sistem promo melalui pengumpulan poin belanja yang bisa ditukarkan dengan barang atau hal menarik. Seperti memberikan voucher atau berbagai promo dan benefit lainnya.

  1. Multi User

Pilih aplikasi yang bisa digunakan lebih dari satu pengguna, terutama jika Anda memiliki usaha dalam skala besar dengan banyak anak cabang. Hal ini akan lebih memudahkan Anda melihat laporan dari setiap cabangnya, jadi masing-masing cabang harus punya akun sendiri. Laporan dari cabang-cabang usaha yang ada di aplikasi ini juga lebih terjamin keamanannya.

  1. Terintegerasi dengan Software Akuntansi

Aplikasi kasir yang terbaik adalah yang mempunyai integrasi dengan software akuntansi. Hal ini sangat penting untuk pengelolaan pembukuan dan pembuatan laporan keuangan dari semua transaksi yang terjadi. Ketika sistem POS merekam aktivitas transaksi maka software akuntansi yang akan mengelolanya.

  1. Mudah Digunakan

Meski terkesan sepele, namun ada baiknya Anda memilih aplikasi yang memiliki tampilan dan desain grafis yang user-friendly. Selain itu, cari juga aplikasi yang mudah digunakan dan diatur secara mandiri namun tetap dengan fitur lengkap. Jadi Anda bisa memanfaatkan fungsi aplikasi dengan sangat baik.

  1. Pertimbangkan Harga

Jika pada awal kemunculannya aplikasi ini dipatok dengan harga yang kurang bersahabat. Sekarang aplikasi ini bisa dibeli dengan harga yang lebih terjangkau. Tapi meski demikian, ada perbedaan harga antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Oleh sebab itu, pertimbangkan harga yang harus Anda bayarkan dengan kualitas dan kegunaan aplikasi yang Anda dapatkan.

  1. Lihat Review Dari Pebisnis Lainnya

Tips yang terakhir ialah pastikan Anda memilih aplikasi yang masuk pada daftar POS terpopuler dan terpercaya. Lihatlah review dari pebisnis lainnya yang telah menggunakan aplikasi tersebut. Review ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan apakah akan membelinya atau tidak.

Rekomendasi Aplikasi Kasir Online Terbaik

pexels.com

Bagi Anda yang masih bingung mencari mana aplikasi kasir terbaik untuk bisnis Anda, berikut rekomendasi aplikasi kasir online yang bisa Anda pilih:

  1. Pawoon

Pawoon merupakan salah satu POS terbaik yang bisa Anda gunakan dalam bisnis Anda. Aplikasi ini dinilai lebih hemat dan fleksibel dengan fitur yang terbilang sangat lengkap. Mulai dari laporan penjualan harian, pengelolaan stok dan bisa menerima pembayaran dengan cash, debit ataupun kredit.

  1. Moka

Moka bisa membantu Anda meningkatkan penjualan dengan mengelola setiap transaksi penjualan yang terjadi. Selain memiliki kelebihan yang kurang lebih sama dengan POS lainnya. Moka juga dapat menganalisa mana barang Anda yang paling laris, kapan waktu sibuk hingga stok yang hampir habis.

  1. Topos

Topos tidak hanya merupakan sistem kasir, tapi juga multifungsi sebagai online shop usaha Anda. Topos memiliki beberapa keunggulan seperti adanya auto crop foto, integrasi dengan aplikasi toko hingga sejumlah analisa.

  1. iPOS

iPOS tidak hanya menyediakan software kasir, tetapi juga sekaligus perangkat hardware-nya. Jadi dengan iPOS, proses transaksi akan lebih terstruktur dan juga memberikan keamanan dan keamanan dengan hardware-nya.

Dengan memilih aplikasi kasir terbaik, bisnis yang Anda jalankan dapat menjadi lebih terarah. Sehingga rencana pengembangan bisnis Anda ke depannya bisa lebih tersusun dan dapat terus terpantau dengan baik.