September 19, 2021

Rekomendasi Alat Penghilang Jamur di Dalam Rumah

Tempat yang basah dan lembab menjadi sarang yang nyaman untuk jamur atau mold vs mildew untuk tumbuh dan berkembang. Jamur bisa sangat berbahaya karena akan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti gatal-gatal dan lain sebagainya. Jamur bisa berkembang dengan sangat cepat. Karena itulah jamur harus di hilangkan dan di basmi sampai dengan akarnya.

Ada berbagai macam cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jamur yang menempel di beberapa tempat pada rumah. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan beberapa cara atau alat yang bisa digunakan untuk menghilangkan jamur di dalam rumah. Berikut ini adalah alat yang bisa digunakan untuk menghilangkan jamur.

1. Vacuum Cleaner

Alat pertama yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jamur adalah vacuum cleaner. Vacuum cleaner sendiri memiliki fungsi utama untuk membersihkan rumah dari kotoran dan debu-debu. Alat vacuum cleaner juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jamur di beberapa ruangan dalam rumah semisal di pojok atau sudut rumah, di area karpet dan lain sebagainya. Cara menggunakan alat vacuum cleaner untuk membasmi jamur adalah dengan menyalakan mesin alat tersebut dan kamu hadapkan pada tempat yang terdapat jamur sehingga jamur tersebut akan tersedot dan masuk pada vacuum cleaner tersebut. Menggunakan alat vacuum cleaner terbilang cukup mudah dan efektif untuk menghilangkan jamur. Jika kamu ingin menghilangkan jamur menggunakan vacuum cleaner maka kamu harus membuka ruangan mu agar terdapat udara yang masuk.

pixabay.com

2. Soda Kue

Cara berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jamur adalah dengan menggunakan soda kue. Soda kue ini terbilang cukup efektif untuk membasmi dan mematikan jamur serta bisa memperlambat pertumbuhan jamur tersebut. Cara menggunakan soda kue untuk menghilangkan jamur adalah dengan mencampurkan soda kue tersebut pada air dan kamu aduk hingga menjadi berbentuk seperti sebuah pasta. Setelah itu kamu oleskan pada tempat atau ruangan yang terdapat jamur dan biarkan selama waktu beberapa jam. Langkah terakhir adalah dengan menyedot area tersebut menggunakan alat-alat seperti vacuum cleaner dan semacamnya.

3. Hidrogen Peroksida

Alat berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jamur adalah dengan menggunakan bahan pemutih atau Hidrogen Peroksida. Cairan pemutih atau Hidrogen Peroksida sangat efektif untuk menghilangkan jamur-jamur yang menempel pada area lantai atau ubin. Cara menggunakan Hidrogen Peroksida atau pemutih adalah kamu melarutkan cairan tersebut dengan air dan kamu oleskan pada bagian lantai atau ubin yang terdapat jamur. Diamkan selama beberapa saat setelah itu kamu gosok-gosok dengan menggunakan sikat sampai bersih dan langkah terakhir adalah kamu pel lantai tersebut agar menjadi lebih bersih.

pixabay.com

4. Pisau Kecil

Alat berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jamur adalah dengan menggunakan pisau kecil. Langkah-langkah membersihkan jamur dengan menggunakan pisau kecil adalah yang pertama harus kamu lakukan adalah memastikan pisau tersebut tidak berkarat. Kamu keruk-keruk lantai yang terdapat jamur dengan menggunakan pisau kecil tersebut. Pastikan lantai tersebut bisa terkeruk dengan bersih menggunakan pisau tersebut sehingga tidak menyisakan satupun jamur-jamur pada lantai. Setelah jamur pada lantai tersebut terkeruk dengan bersih, kamu bisa membersihkan nya dengan cara menyapu atau juga mengepel lantai tersebut agar menjadi lebih bersih lagi.

5. Memasang AC

Alat berikut ini kamu bisa gunakan untuk mencegah munculnya jamur di sebuah ruangan yaitu dengan menggunakan AC. Dengan menggunakan AC maka suhu di dalam sebuah ruangan menjadi lebih stabil dan tidak menjadi lembab. Karena seperti yang sudah banyak di ketahui banyak orang bahwa sebuah ruangan yang memiliki suhu lembab maka akan menjadi tempat yang nyaman untuk para jamur tumbuh dan berkembang. AC tersebut akan mencegah pertumbuhan dari jamur yang bisa saja akan membahayakan kesehatan kita.

6. Alkohol

Kamu juga bisa menggunakan alkohol untuk menghilangkan jamur-jamur yang terdapat pada lantai atau lemari. Cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jamur dengan menggunakan alkohol adalah langkah pertama kamu siapkan selembar kain bersih dan alkohol. Kamu bisa mencelupkan kain kering tersebut pada botol alkohol dengan dosis atau takaran 70% dan kamu lap kain tersebut pada lemari atau lantai yang terdapat jamur. Alkohol akan sangat ampuh membasmi jamur-jamur sampai mati total dan tidak akan muncul serta tumbuh lagi jamur-jamur tersebut.

pixabay.com

7. Kain pelembab

Alat berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jamur adalah dengan menggunakan kain khusus pelembab. Kain ini kamu letakan pada tempat-tempat yang basah atau lembab agar kain tersebut bisa menyerap air sehingga bisa menjadi kering dan tidak akan memunculkan jamur-jamur. Penggunaan kain pelembab ini cukup efektif untuk membasmi dan menghilangkan jamur yang kerap kali tumbuh dan berkembang pada area-area ruangan yang lembab.

Nah itulah beberapa cara atau alat yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jamur di berbagai area di dalam rumah. Kamu bisa menggunakan salah satu dari beberapa alat yang telah kami jelaskan pada artikel di atas. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.